Kompas.com - 25/08/2014, 17:00 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) selaku regulator industri pasar modal mengaku langkah perusahaan taksi Blue Bird untuk melakukan penawaran umum saham perdana (Initial Public Offering/IPO) masih belum mulus.

"Masih dalam proses. Masih di-review sama teman-teman di OJK," kata Deputi Komisioner Pengawas Pasar Modal II OJK M Noor Rachman di Gedung BEI, Senin (25/8/2014).

Menurut Noor Rachman, cepat atau tidaknya Blue Bird dapat melakukan IPO tergantung kepada kelengkapan persyaratan yang harus dipenuhi. Ini karena memang terdapat serangkaian prosedur yang harus dilengkapi perusahaan sebelum dapat melantai di lantai bursa.

Terkait kelengkapan itulah Noor Rachman mengakui pihaknya tidak dapat memastikan kapan perusahaan taksi biru tersebut dapat mulai melakukan IPO. Adapun prosedur IPO setiap perusahaan bersifat seragam dan standar.

"Seperti yang lain, kan nanti ada beberapa persyaratan yang harus disampaikan. Nanti setelah selesai. Kami belum tahu, tergantung kelengkapan dokumen. Standar di kita selalu begitu, baik dari akuntansi, hukum, dan keterbukaan, semua ada datanya," papar Noor Rachman.

Tahun 2013 lalu, proses IPO Blue Bird tidak juga berjalan mulus. Sebelumnya, IPO Blue Bird dijadwalkan akan dimulai pada November 2013. Blue Bird mengincar dana tunai sekitar 450 juta dollar AS. Apabila hasil penawaran umum perdana sesuai target, maka IPO Blue Bird bakal menjadi IPO terbesar kedua setelah IPO Garuda Indonesia senilai 524 juta dollar AS.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.