Kompas.com - 26/08/2014, 22:14 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama (Dirut) PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) Gatot M Suwondo mengatakan distribusi perbankan di Tanah Air saat ini masih terpusat di Pulau Jawa, sedangkan di kawasan lainnya, masih sedikit bank yang membuka kantor cabang.

"Sebenarnya 119 bank yang ada di Indonesia itu cukup. Tapi jangan hanya di Pulau Jawa. Sebaran bank mayoritas di Jawa. Disebar dong harusnya," kata Gatot dalam diskusi "Konsolidasi Perbankan Menghadapi MEA 2020," Selasa (26/8/2014).

Gatot menjelaskan, sebanyak 52 persen cabang bank berlokasi di Jawa. Hanya bank-bank milik pemerintah yang masuk ke daerah-daerah di luar Jawa, apalagi daerah pelosok. Kalaupun ada bank swasta, ia menyebut hanya beberapa bank saja yang menjangkau kawasan tersebut.

"Saya kasih contoh BNI. Kami punya cabang di Tahuna, itu Manado ke atas lagi. Kami bahkan punya ATM di sana. Itu rata-rata di sana kuburan ada di pekarangan rumah," ujar Gatot.

Adapun Bank Pembangunan Daerah (BPD), menurut Gatot, terkadang memiliki dana yang besar, namun memiliki infrastruktur yang kurang memadai. "BPD kadang banyak uang tapi expertise tidak ada. Larinya ke konsumer, PNS, pensiunan," jelas dia.

Terkait Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) untuk sektor perbankan yang akan dimulai pada tahun 2020 mendatang, Gatot menyatakan perbankan Indonesia tidak perlu takut bersaing dengan perbankan asing yang akan masuk ke Tanah Air. Sebab, secara kemampuan, perbankan Indonesia telah mampu bersaing.

"Ini sekaligus kalau boleh saran untuk Otoritas Jasa Keuangan (OJK). OJK kasih saja lisensi (izin) ke bank asing, tapi buka cabang di luar Jawa. Di Papua, gitu," kata Gatot.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.