Kompas.com - 28/08/2014, 11:39 WIB
Ketua Perbanas Sigit Pramono Kompas/K02Ketua Perbanas Sigit Pramono
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com
- Ketua Perhimpunan Bank Nasional (Perbanas), Sigit Pramono mengatakan, Indonesia Banking Expo 2014 mengangkat tema Peran Aktif Perbankan dalam Mendorong Perkembangan Industri Subtitusi Impor dalam Mewujudkan Ekonomi Berdikari".

Alasan utama tema tersebut diambil adalah munculnya kesadaran di industri perbankan untuk lebih berkontribusi dalam menekan beban APBN. Dia bilang, salah satu penyebab beban APBN adalah impor barang-barang industri.

"Yang kami tawarkan adalah membangun mengurangi beban neraca pembayaran, yaitu dengan mendorong industri subtitusi impor," kata dia dalam sambutannya di Indonesia Banking Expo 2014, di Jakarta Convention Center, Jakarta, Kamis (28/8/2014).

Lebih lanjut dia bilang, pemerintah, perbankan, masyarakat, dan juga akademisi harus seragam mendefinisikan apa yang dimaksud dengan industri subtitusi impor dan ekonomi berdikari. Menurut dia, ekonomi berdikari bisa direalisasikan jika industri subtitusi impor berkembang.

Ia mengatakan, pengalaman menunjukkan pada masa silam BUMN diwajibkan menggunakan produk industri dalam negeri. Sayangnya, kualitasnya belum mumpuni. Sehingga yang terjadi justru inefisiensi. Untuk mendorong perkembangan industri subtitusi impor, peran perbankan pun menjadi krusial.

Oleh karena itu, lanjut Sigit, dalam IBEX kali ini dihadirkan semua pemangku kepentingan. "Untuk bersama-sama menuangkan pemikirannya untuk disampaikan ke pemerintahan baru," ujar dia.

Selain diskusi mengenai perkembangan industri subtitusi impor, IBEX 2014 juga menghadirkan pelaku lain yang berkaitan dengan pendalaman keuangan dan sosialisasi LPS. IBEX juga melibatkan pelajar dan mahasiswa.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Tanpa mengikutkan generasi muda, ini adalah ssuatu yang mustahil. Kami mengajak mahasiswa dan pelajar untuk bergabung, sehingga mereka mengerti betul apa yang dilakukan perbankan. Kami menyajikan melalui format museum," kata Sigit.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.