BI dan Polri Akan Teken Kerjasama Pengamanan Pengiriman Uang

Kompas.com - 29/08/2014, 19:29 WIB
Ilustrasi RODERICK ADRIAN MOZESIlustrasi
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) akan meneken nota kesepahaman dengan Kepolisian Republik Indonesia (Polri) terkait dengan kerjasama pengamanan uang.

Direktur Eksekutif Departemen Pengelolaan Uang BI Lambok Antonius Siahaan menuturkan, dengan ditekennya nota kesepahaman itu, uang yang didistribusikan BI ke seluruh Tanah Air akan mendapatkan pengamanan dari pihak kepolisian.

"Terkait pengamanan dan pengawalan uang. Kami sangat terkait dengan kepolisian, misalnya uang dibawa dari Perum Peruri ke BI, dari BI diedarkan ke seluruh Tanah Air lewat darat, laut, dan udara. Kalau lewat laut kita kerjasama dengan Polair," kata Lambok di Gedung BI, Jumat (29/8/2014).

Selain itu, kedua pihak juga akan memperkuat kerjasama terkait pertukaran informasi. Lambok mengatakan, ini terkait dengan pencetakan dan peredaran uang palsu. Baik BI dan Polri akan saling bertukar informasi guna mencegah peredaran uang palsu.

"Tukar-menukar data informasi pengelolaan uang sudah berjalan. Polisi menyampaikan ke BI informasi yang sudah ditemukan, kami juga. Ini dilakukan sebagai langkah preventif dan defensif masalah uang palsu," jelas Lambok.

Lambok juga mengungkapkan bank sentral dan kepolisian akan bekerjasama terkait cash in transit. Maksudnya, perbankan dalam mengambil dan menyetor uang ke BI akan bekerjasama dengan Polri terkait pengamanan.

"Penegakan hukum juga. Amanat UU Nomor 7 Tahun 2011 tentang kewajiban menggunakan rupiah di Tanah Air. Ada sanksi pidananya jika tidak melakukan itu. Di daerah tertentu yang berbatasan dengan negara lain masih ada yang menggunakan mata uang asing. Ini perlu ahar rupiah berdaulat di NKRI," ujar Lambok.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.