Kadin Tuntut Jokowi-JK Realisasikan Janjinya di Sektor Mineral Tambang

Kompas.com - 29/08/2014, 21:49 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia berharap banyak terhadap kepemimpinan Joko Widodo dan Jusuf Kalla mendatang, khususnya untuk sektor pertambangan mineral.

Ketua Komite Tetap Mineral Kadin Indonesia Poltak Sitanggang mengutip dokumen visi, misi, dan program aksi Jokowi-JK halaman 32-33 menyebutkan, pemerintah baru akan memberikan perhatian khusus pada upaya perbaikan menuju ekonomi berdikari melalui program aksi. Dalam point empat dia menyebutkan, pemerintah Jokowi-JK berkomitmen untuk penguasaan sumber daya alam melalui peningkatan jumlah pengusaha tambang nasional.

Selain itu, masyarakat lokal harus memperoleh manfaat langsung dari pengelolaan tambang di wilayah mereka. Dalam poin keenam disebutkan, pengurangan secara drastis konflik antara masyarakat lokal dan perusahaan tambang. Disusul poin ketujuh adalah jumlah usaha pertambangan rakyat harus meningkat.

Jokowi-JK juga berkomitmen agar porsi penerimaan negara dari hasil tambang secara bertahap harus meningkat. “Dari apa yang sudah disampaikan tersebut, kita bisa menuntut realisasi secepatnya. Kami yakin karena beliau selalu melakukan 'blusukan' dan mendengarkan,” kata Poltak dalam diskusi di Kadin, Jakarta, Jumat (29/8/2014).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.