Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Angkasa Pura II Mulai Layani Penerbangan Haji

Kompas.com - 01/09/2014, 19:31 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah bandara di bawah pengelolaan PT Angkasa Pura II hari ini mulai melayani penerbangan keberangkatan jemaah haji asal Indonesia menuju Tanah Suci.

Pada Senin 1 September 2014, bandara yang mulai menjadi embarkasi penerbangan haji adalah Kualanamu (Medan), Sultan Iskandar Muda (Aceh), Minangkabau (Padang), dan Halim Perdanakusuma (Jakarta).

Adapun satu bandara yang baru besok melayani keberangkatan penerbangan jemaah haji adalah Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang).

“PT Angkasa Pura II (Persero) selalu berupaya agar pelaksanaan angkutan haji berjalan lancar, terutama di bandara-bandara yang kami kelola. Seluruh fasilitas yang ada di bandara di bawah pengelolaan kami telah disiapkan dalam menyambut penyelenggaraan haji tahun ini,” kata Sekretaris Perusahaan PT Angkasa Pura II (Persero) Daryanto dalam keterangan resmi, Senin (1/9/2014).

Secara keseluruhan, ada sebanyak 212 kloter yang berangkat dari lima bandara di bawah pengelolaan PT Angkasa Pura II (Persero). Di Bandara Internasional Kualanamu (Medan) total kelompok terbang yang dijadwalkan berangkat sebanyak 15 kloter yang seluruhnya adalah jemaah asal Sumatra Utara.

Sementara itu, Bandara Sultan Iskandar Muda (Aceh) akan menjadi embarkasi bagi jemaah haji asal Nanggroe Aceh Darussalam dengan total kelompok terbang sebanyak 26 kloter. Bandara Minangkabau (Padang) menjadi embarkasi bagi jemaah Sumatra Barat dengan total 13 kloter.

Sementara itu, Bandara Halim Perdanakusuma (Jakarta) merupakan embarkasi bagi jemaah asal DKI Jakarta, Lampung, Banten, dan Jawa Barat, dengan total 145 kloter. Adapun Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang) merupakan embarkasi bagi jemaah asal Sumatra Selatan dan Bangka Belitung dengan total 13 kloter.

“Bagi calon haji atau keluarga yang memiliki pertanyaan atau keluhan terkait dengan pelayanan di bandara milik PT Angkasa Pura II (Persero) yang menjadi embarkasi serta debarkasi angkutan haji, dapat menyampaikannya melalui contact center,” ujar Daryanto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com