Indonesia Hanya Akan Mengekspor Minyak Sawit Lestari

Kompas.com - 02/09/2014, 17:27 WIB
Penulis Tabita Diela
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Indonesia berencana menggalakkan ekspor barang-barang berkelanjutan (sustainable), yang salah satunya adalah minyak kelapa sawit lestari.

Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurthi mengungkapkan bahwa Indonesia pada waktunya nanti hanya akan memproduksi dan mengekspor minyak sawit lestari. Menurut dia, langkah ini tidak mustahil lantaran hal serupa sudah berhasil dilaksanakan untuk kayu.

"Kita sudah membutikan itu dengan kayu, bahwa hanya boleh mengekspor kayu yang dapat sertifikat bebas dari illegal logging. Nanti akan ditingkatkan dengan lestari. Ini saya kira sebuah bukti bahwa petani itu bisa menghasilkan kelapa sawit lestari," ujarnya, Selasa (2/9/2014).

Namun demikian, Bayu belum bisa memastikan waktunya implementasi ekspor minyak kelapa sawit lestari. Padahal, pasar Eropa sudah menunjukkan antusiasmenya terhadap produk-produk berkelanjutan.

Karena itu, menurutnya, perlu ada sosialisasi, pelatihan, dan berbagai persiapan lain yang harus dimatangkan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.