Kompas.com - 03/09/2014, 20:21 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
|
EditorErlangga Djumena

SORONG, KOMPAS.com - Melek perbankan tidak hanya dimiliki oleh orang-orang perkotaan dan mereka yang berpendidikan. Di Sorong, Papua Barat, masyarakat yang buta aksara pun, alias tidak bisa membaca-tulis mampu mengakses bank.

Kepala PT Bank Rakyat Indonesia (BBRI) Kantor Cabang Sorong, Rapiuddin mengatakan, ada perbedaan dalam mendekatkan BRI ke masyarakat Sorong, dibanding masyarakat Jawa. "Di sini rata-rata mereka tidak bisa membaca dan menulis," kata Rapiuddin kepada wartawan saat berkunjung ke BRI Kancab Sorong, Selasa (2/9/2014).

Dengan keterbatasan pendidikan dan kemampuan baca-tulis yang dimiliki warga sekitar, BRI Kancab Sorong memiliki cara yang lebih sederhana agar masyarakat tetap bisa menabung.

Rapiuddin mengatakan, calon nasaba BRI hanya perlu membubuhkan cap tiga jari di lembar persyaratan. "Memang agak sulit untuk cap tiga jari, tapi tetap kita layani," imbuh dia.

Meski sebagian nasabahnya adalah mereka yang buta aksara, BRI Kancab Sorong tetap menunjukkan performa baik. Hal itu dapat terlihat dari Dana Pihak Ketiga (DPK) yang berhasil dihimpun sepanjang 2013 mencapai Rp 968 miliar.

Hingga pengujung 2014 ini, Rapiuddin menuturkan, BRI Kancab Sorong menargetkan mampu menghimpun DPK hingga Rp 1,79 triliun, atau mengalami kenaikan 40 persen dibanding tahun sebelumnya.

"Target DPK kita Rp 1,79 triliun khususnya di Sorong, karena kemampuan menabungnya paling bagus," jelas Rapiuddin.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Di sisi lain, BRI menargetkan pinjaman yang diberikan sepanjang tahun ini mencapai Rp 1,2 triliun, atau meningkat 20 persen dari tahun 2013. "Sorong itu kota perdagangan, 70 persen perdagangan. Rata-rata, kami banyak memberikan pinjaman mikro di sektor perdagangan," tukas dia.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.