Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demam Belanja Online Serang Konsumen Indonesia

Kompas.com - 04/09/2014, 10:05 WIB
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Biro riset internasional Nielsen dalam The Nielsen Global Survey of E-Commerce melaporkan konsumen digital Indonesia menikmati belanja online seiring tumbuhnya kepemilikan perangkat koneksi.

Jasa travel adalah yang paling banyak direncanakan konsumen untuk dibeli secara online. Selain jasa travel, jasa penjualan tiket acara seperti tiket bioskop, pertunjukan, pameran dan pertandingan olahraga masuk ke dalam urutan lima teratas yang ingin dibeli konsumen secara online.

“Penetrasi internet di Indonesia telah meningkat sejak 2010. Saat ini, sekitar sepertiga dari populasi di kota-kota besar sudah memiliki akses ke internet dalam 3 bulan terakhir,” kata Executive Director Consumer Insights Nielsen Indonesia Anil Antony dalam keterangan resmi, Rabu (3/9/2014).

Lebih lanjut, Antony mengungkapkan, seiring dengan hal tersebut, produk dan jasa dari para peritel e-commerce telah berubah secara signifikan dalam beberapa tahun terakhir dimana popularitas belanja online meningkat.

Konsumen kini menggunakan sarana online dan semakin mencari saluran-saluran online untuk meneliti dan membeli produk dan jasa yang mereka butuhkan dan inginkan.

Sekitar setengah dari konsumen Indonesia berencana membeli secara online tiket pesawat (55 persen) serta melakukan pemesanan hotel dan biro perjalanan (46 persen) dalam 6 bulan ke depan. 4 dari 10 konsumen (40 persen) berencana membeli buku elektronik (e-book).

"Hampir 4 dari 10 konsumen berencana membeli pakaian atau aksesori maupun sepatu (37 persen), dan lebih dari sepertiga konsumen merencanakan membeli tiket acara (34 persen) secara online," demikian laporan Nielsen.

The Nielsen Global Survey of E-Commerce mensurvei lebih dari responden yang memiliki akses internet di 60 negara untuk mempelajari intensi belanja online dari konsumen di seluruh dunia. Studi ini memberikan kejelasan mengenai intensi konsumen untuk membeli baik barang yang habis digunakan (consumable) maupun yang tidak habis digunakan (non-consumable) dalam lanskap e-commerce yang sedang bertumbuh.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+