Konsumsi Beras RI Per Orang 130 Kg Per Tahun, Jepang Hanya 30 Kg

Kompas.com - 04/09/2014, 15:14 WIB
Ilustrasi pedagang beras KOMPAS.COM/ARIANE MEIDAIlustrasi pedagang beras
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com — Wakil Menteri Pertanian Rusman Heriawan mengatakan, masyarakat Indonesia merupakan konsumen nasi yang sangat besar di dunia. Karena hal itu, dia pun menyebut masyarakat Indonesia keberatan karbohidrat.

"Asupan makanan kita paling berat di karbohidrat karena makan nasinya banyak," ujar Rusman dalam acara Refleksi Tiga Tahun Pelaksanaan Masterplan Percepatan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) di Jakarta, Kamis (4/9/2014).

Dia mengakui, Indonesia adalah salah satu negara dengan produksi pertanian terbesar di dunia. Namun, hal tersebut juga diimbangi dengan tingkat konsumsi yang sangat tinggi sehingga kebutuhan pangan terus meningkat seiring meningkatnya jumlah masyarakat.

Rusman memberikan pembandingan antara konsumsi nasi masyarakat Indonesia dan Jepang. Di Indonesia, kata dia, masyarakat memakan nasi sebanyak 130 kilogram per tahun per kapita. Sementara masyarakat Jepang hanya memakan nasi sebanyak 30 kilogram per tahun per kapita. Dengan data tersebut, menurut Rusman, masyarakat Indonesia merupakan konsumen pangan paling boros. Dia pun berharap agar masyarakat Indonesia bisa mencontoh Jepang.

"Seharusnya kita seperti Jepang dengan memakan nasi yang sedikit dan makan lauknya banyak," kata Rusman.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.