Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

INACA: Harga Avtur Naik, Harga Tiket Pesawat Ikut Naik

Kompas.com - 05/09/2014, 21:47 WIB
Yoga Sukmana

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Asosiasi Perusahaan Penerbangan Nasional Indonesia (INACA) memastikan akan menaikkan harga tiket pesawat jika harga avtur naik.

"Ya wajarlah kalau harga avtur naik maka harga tiket sudah pasti naik," ujar Ketua INACA Arif Wibowo di Jakarta, Jumat (5/9/2014).

Menurut Arif, kenaikan harga tiket pesawat pasti akan memberatkan masyarakat. Namun, maskapai pun tidak bisa berbuat banyak karena kondisi penerbangan saat ini sudah sangat memberatkan.

Beberapa hal yang memberat tersebut adalah masih kenakannya pajak bea masuk komponen pesawat dan nilai tukar rupiah yang anjlok. Jika ditambah dengan kenaikan harga avtur, maka kata Arif pasti akan menambah beban biaya operasional maskapai.

"Ya ini kan PR kita semua bersama, jadi memang kita bisa lakukan ini menjadi PR kita untuk ke depan karena pelaku industri ini jugakan penopang ekonomi," kata dia.

"Jangan sampai juga pelaku ekonomi ini mengalami juga kesulitan yang sangat tinggi, padahal kita akan bersaing bebas dengan dunia internasional," tandas Arif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com