Kompas.com - 08/09/2014, 07:31 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com -
Pengamat ekonomi dari UI Faisal Basri mengatakan, pelemahan nilai mata uang rupiah terhadap dollar AS bukan disebabkan oleh investor asing yang keluar dari Indonesia. Faisal menegaskan pernyataan dari Menteri Keuangan Chatib Basri dan Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo salah.

"Kata pejabat BI, Menkeu rupiah melemah penyebab modal asing keluar dari Indonesia, nggak benar," ujar Faisal di Forum Diskusi Ekonomi Politik "Subsidi BBM, Solusi atau Masalah?" Jakarta, Minggu (7/9/2014).

Faisal memaparkan bahwa rupiah melemah karena negara telah banyak mengimpor BBM bersubsidi. Faisal menjelaskan dari neraca perdagangan ekspor impor, angka investor asing tidak ada yang negatif.

"Current account defisit terus kita lebih banyak impor minyak daripada ekspor barang dan jasa," ungkap Faisal.

Faisal memaparkan defisit tahun ini bisa mencapai Rp 24 miliar. Rupiah melemah, menurut Faisal akibat tekanan dari defsit minyak impor.

"Menyebabkan defisit perdagangan lebih sering daripada surplus. Total perdagangan kita defisit sejak 2012, sejak zaman sriwijaya kita tidak pernah defisit," jelas Faisal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.