Kompas.com - 08/09/2014, 08:29 WIB
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah diuji kekuatannya pada awal pekan ini, Senin (8/9/2014). Pelemahan dollar AS di pasar global diharapkan dapat mengangkat posisi rupiah meski dalam level tipis.

Setelah keputusan Bank Sentral Eropa (ECB) pada Kamis (4/9/2014) malam lalu mendorong penguatan dollar AS, di perdagangan keesokan harinya penguatan Greenback justru tidak bertahan lama. Ini setelah angka Nonfarm Payrolls AS pertambahannya masih di bawah perkiraan serta angka bulan lalu. Euro pun naik tipis ke 1,296 per dollar AS hingga Jum’at (5/9/2014) malam.

Pagi ini ditunggu data neraca perdagangan China yang diperkirakan menipis surplusnya. Di sore hari ditunggu data Sentix Investor Confidence Zona Euro. 

Rupiah sendiri "menolak" untuk melemah ke arah Rp 11.800 per dollar AS. Walaupun sempat melemah di pembukaan Jumat lalu akibat sentimen penguatan dollar AS secara global, rupiah akhirnya ditutup menguat tipis di Rp 11.759 per dollar AS ketika mayoritas mata uang Asia masih terus melemah hingga penutupan. Penguatan rupiah itu dibarengi oleh turunnya imbal hasil SUN 10 tahun hingga ke 7,96 persen.

Menurut riset Samuel Sekuritas Indonesia, kurang baiknya data AS berpeluang mengurangi tekanan penguatan dollar AS terhadap rupiah hari ini. "Data perdagangan China yang bagus juga berpeluang menambah dorongan penguatan terhadap rupiah hari ini," tulisnya.

Sementara itu, pada awal perdagangan di pasar spot Senin pagi, rupiah bergerak di zona hijau. Seperti dikutip dari data Bloomberg, mata uang garuda ini dibuka pada posisi Rp 11.735 per dollar AS, atau 0,20 persen dibanding penutupan akhir pekan lalu di level 11.759.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.