Pengamat: Rakyat Sudah Siap Harga BBM Dinaikkan, Asal...

Kompas.com - 08/09/2014, 13:33 WIB
Ilustrasi SPBU TRIBUNNEWS/HERUDINIlustrasi SPBU
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengamat energi Umar Said menilai, rakyat Indonesia telah siap apabila pemerintah menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi. Namun, masyarakat harus merasakan manfaat dari kenaikan harga BBM tersebut, terhadap kesejahteraan mereka.

"Sebenarnya rakyat sudah siap (dengan kenaikan harga BBM). Naik Rp 1.000 (per liter) itu sudah siap banget," kata Umar di sela-sela diskusi bertajuk "Menata Kembali Tata Kelola Kebijakan Migas," Senin (8/9/2014).

Umar mengatakan, anggaran yang dihemat dari kebijakan menaikkan harga BBM harus dimanfaatkan untuk kesejahteraan rakyat dan pembangunan negara.

"Tapi one to one. Harus kelihatan (dampaknya). Singapura tidak ada subsidi ini itu, tapi dia (rakyat) tahu pajak yang dia bayarkan itu kembali dalam bentuk ini itu, MRT, kebersihan," ujar mantan Komisaris PT Pertamina periode 2005-2012 ini.

Hal semacam ini menurut Umar yang dinamakan dengan keadilan. Akan tetapi, ia memandang keadilan ini belum ditemukan di Indonesia. Harga BBM yang naik tidak terlalu dirasakan dampaknya oleh masyarakat.

"Kalau begitu ada rasa keadilan. Ini yang tidak ada di Indonesia. Harga naik tidak jelas untuk apa. Jadi harus one to one," tambahnya lagi.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.