Kompas.com - 11/09/2014, 17:24 WIB
Ilustrasi KOMPAS/HERU SRI KUMOROIlustrasi
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyatakan hingga bulan September 2014, kondisi industri jasa keuangan Tanah Air masih cukup baik. Kondisi perbankan pun masih baik, dengan rasio permodalan yang tinggi.

"CAR (Capital Adequacy Ratio/Rasio Kecukupan Modal) pada level 19,36 persen dan didominasi komponen modal inti (Tier I)," kata Deputi Komisioner Manajemen Strategis IB OJK Lucky Fathul Aziz Hadibrata, Kamis (11/9/2014).

Lucky mengungkapkan, regulator memandang rentabilitas juga stabil, dengan kecenderungan sedikit menurun. Hal ini terlihat dari indikator Return on Asset (RoA) yang relatif stabil. "BOPO (Beban Operasional Pendapatan Operasional) relatif meningkat bila dibandingkan dengan periode sebelumnya," ujar Lucky.

Pada kesempatan terpisah, Bank Indonesia (BI) memandang stabilitas sistem keuangan masih solid. Ini ditopang oleh ketahanan sistem perbankan dan relatif terjaganya kinerja pasar keuangan.

"Ketahanan industri perbankan tetap kuat dengan risiko kredit, likuiditas dan pasar yang cukup terjaga, serta dukungan modal yang kuat. Pada Juli 2014, rasio kecukupan modal masih tinggi sebesar 19,18 persen, jauh di atas ketentuan minimum 8 persen," kata Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Tirta Segara.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.