Suku Bunga Bank Meningkat, Pertumbuhan Pembiayaan Melambat

Kompas.com - 11/09/2014, 18:56 WIB
Ilustrasi KOMPAS/HERU SRI KUMOROIlustrasi
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat pertumbuhan pembiayaan perusahaan pembiayaan atau multifinance per Juli 2014 sebesar 10,61 persen. Ini melanjutkan perlambatan yang telah terjadi sejak awal tahun 2014.

Kondisi tersebut antara lain dipengaruhi peningkatan suku bunga perbankan yang juga mempengaruhi suku bunga pembiayaan yang disalurkan.

"Suku bunga yang meningkat itu sumber pendapatan mereka, mayoritas berasal dari naik turinnya suku bunga. Kalau suku bunga naik, kegiatan financing perusahaan pembiayaan memacu biaya leasing meningkat," kata Deputi Komisioner Pengawas Industri Keuangan Non Bank (IKNB) Dumoly Freddy Pardede, Kamis (11/9/2014).

Regulator mencatat, pertumbuhan piutang perusahaan pembiayaan mengalami perlambatan yang dipengaruhi peningkatan suku bunga perbankan. Aset perusahaan pembiayaan mengalami peningkatan 11,88 persen year-on-year (yoy) menjadi Rp 412,84 triliun. Adapun piutang pembiayaan 10,61 persen (yoy) menjadi Rp 363,19 triliun.

Pembiayaan bermasalah atau NPF (Non Performing Financing) pada perusahaan pembiayaan per Juli 2014 tercatat sebesar 3 persen. NPF terbesar disumbang oleh pembiayaan bermasalah di sektor pertambangan, yakni mencapai 5 hingga 6 persen.

"NPF menurun dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Meski membaik, ini perlu untuk tetap diwaspadai potensi peningkatan suku bunga," sebut regulator.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.