Kompas.com - 12/09/2014, 01:15 WIB
Penulis Tabita Diela
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Suryo Bambang Sulisto yakin, pertumbuhan ekonomi Indonesia bisa mencapai 7 persen. Hanya saja, pemerintah harus berani menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi atau bahkan berani menghapus subsidi BBM.

"Kalau kita tidak melakukan langkah-langkah yang agak berani, seperti meningkatkan harga BBM atau menghapuskan subsidi BBM, saya kira ya 5 persen itu. Tapi kalau kita berani lakukan itu, saya yakin pertumbuhan kita bisa 7 persen," ujar Suryo.

Penghapusan subsidi membuat pemerintah bisa menghemat Rp 360 triliun. Jumlah sebanyak itu bisa dimanfaatkan untuk berbagai hal, termasuk membangun infrastruktur. Efek positif yang akan ditimbulkan untuk membangun infrastruktur pun lebih positif.

"Buat satu kilang minyak itu berapa? Hanya Rp 80 triliun, ini kita Rp360 triliun. Kita buang-buang secara cuma-cuma setiap tahun, untuk apa? Untungkan para penyeludup, para orang-orang yang tidak perlu disubsidi," tukas Suryo.

Perkiraan pertumbuhan perekonomian Indonesia yang diutarakannya, cukup fantastis. Sebagai perbandingan, tahun 2014 ini, perekonomian Indonesia diperkirakan tumbuh sekitar 5,1 sampai 5,5 persen.

Menurut catatan Kadin, pada 2011 perekonomian Indonesia tumbuh sebesar 6,5 persen. Tahun 2012 turun menjadi 6,2 persen. Selanjutnya, tahun 2013, perekonomian Indonesia hanya tumbuh sebesar 5,8 persen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.