Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Negara Paling "Terbuka" di ASEAN

Kompas.com - 12/09/2014, 13:59 WIB
Tabita Diela

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Muliaman Darmansyah Hadad mengungkapkan optimismenya terhadap daya saing Indonesia dalam persaingan bebas Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

"Indonesia menjadi salah satu negara yang paling terbuka di ASEAN. Saya tidak melihat kesulitan, malah kemudian dari segi keterbukaan, kita salah satu yang terbuka di penanaman modal asing," ujar Muliaman di Jakarta, Jumat (12/9/2014).

Menurut Muliarman, keterbukaan tersebut menjadi daya tarik Indonesia dalam mendatangkan investasi asing dari sesama negara ASEAN. Indonesia pun memrbolehkan investasi, khususnya dalam pemilikan bank.

"Justru, sekarang negara lain harusnya mengikuti kita karena kita menjadi sangat terbuka. Pengaturan menjadi 40 persen terutama di bidang pemilikan bank, menurut saya, sudah sangat international compliance. Yang penting kan konsistensi, regulasi, dan lain sebagainya," kata Muliarman.

Meski, dia pun tidak menampik bahwa negara-negara lain pun memberikan penawaran yang tidak kalah menarik. Bagi Muliarman, tawaran negara lain adalah tantangan bagi Indonesia. Lagipula, Indonesia tidak hanya secara pasif menerima investasi asing. Perusahaan-perusahaan perbankan Indonesia memiliki kesempatan untuk menanamkan modalnya di negara asing.

Indonesia, sebutnya, memiliki kekhususan yang lebih menonjol dari negara lain. Salah satunya, dalam micro finance. "Ada beberapa area atau fokus yang bisa jadi keunggulan kita karena kita, misalnya, banyak pengalaman micro finance di Indonesia," ucap Muliaman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com