Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jika Diminta Pemerintah, Sucofindo Siap Awasi Impor Minyak Pertamina

Kompas.com - 15/09/2014, 23:53 WIB
Yoga Sukmana

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Pemasalahan impor minyak oleh Pertamina saat ini dinilai tidak transparan. Bahkan, penggunaan trader melalui anak perusahaannya Petral sangat rawan penyelewengan.

Menanggapi hal tersebut, PT Sucofindo (Persero) sebagai perusahaan surveyor di Indonesia menyatakan siap jika ditunjuk pemerintah mengawasi proses impor minyak yang dilakukan Pertamina.

"Pasti kami sambut, pasti, karena sumberdaya kita cukup, dan kita kan tertua ya main di migas diminerba ya memang mainannya Sucofindo," ujar Kepala Divisi Sistem, GCG, dan Manajemen Risiko Sucofindo, Ruli Adi di kantornya, Jakarta, Senin (15/9/2014).

Dia mengatakan, Sucofindo sudah sangat berpengalaman menjadi perusahaan surveyor dibidang migas dan mineral batu bara. Dari pengalamannya tersebut, Sucofindo melihat pengelolaan impor minyak saat ini sangat rawan penyelewengan. Oleh karena itu, menurut Ruli, Sucofindo akan menunggu instruksi pemerintah jika memang dibutuhkan dalam pengawasan impor minyak.

"Ya Sucofindo diperlakukan sebagai perusahaan yang harus kompetitif dgn perusahaan lain tidak diberikan sebuah kewenangan khusus, karena mungkin dengan kewenangan khusus kita ketabrak dengan undang-undang monopoli," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com