AirAsia Ingin Boyong Turis Asing ke Indonesia, Tapi...

Kompas.com - 16/09/2014, 03:09 WIB
Pesawat AirAsia. KOMPAS IMAGES/RODERICK ADRIAN MOZES Pesawat AirAsia.
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - CEO AirAsia Group Tony Fernandes menyatakan pihaknya ingin menerbangkan lebih banyak turis asing untuk datang ke Indonesia. Dengan datangnya turis, maka ekonomi Indonesia dapat lebih maju dan berkembang.

"Kami ingin membawa lebih banyak turis ke Indonesia. Ini adalah goal besar saya di 2015, karena ini adalah cara bagus untuk menciptakan lapangan kerja dan ekonomi, lebih banyak tempat perbelanjaan, hotel, kerajinan tangan, dan pemandu wisata," kata Tony di Jakarta, Senin (15/9/2014).

Tony mengungkapkan, ketika orang-orang bicara tentang pariwisata, mereka akan memikirkan Bali. Indonesia, kata dia, sebenarnya adalah negara yang sangat menakjubkan dengan banyak objek yang dapat dilihat dan dinikmati. Namun demikian, besarnya potensi Indonesia tersebut belum disertai kebijakan yang mendukung industri penerbangan.

"Hal-hal seperti itu. Apabila industri dapat membantu kami, bahan bakar, pajak, dan biaya airport, volume (kedatangan turis) dapat tumbuh pesat. Tidak hanya di Jakarta, banyak bandara di seluruh Indonesia yang dapat menikmati manfaat dari biaya yang lebih rendah," papar Tony.

Lebih lanjut, Tony menyatakan pihaknya ingin memulai penerbangan internasional di Surabaya dan Bandung. Akan tetapi, airport tax yang dikenakan sangat tinggi. Menyiasatinya, harga penerbangan haruslah murah. Jika tidak, penumpang tidak akan datang.

"Oleh karena itu, kami memohon kepada pemerintah untuk melihat sektor penerbangan secara keseluruhan, karena saya pikir industri ini bisa menjadi sektor yang sangat besar dan menguntungkan," kata Tony.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.