Kompas.com - 16/09/2014, 10:11 WIB
Bank Mutiara images.kontan.co.id Bank Mutiara
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Komisi XI DPR berniat memanggil Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Rencana pemanggilan ini lantaran belum ada pernyataan dari LPS mengenai harga penjualan Bank Mutiara.

"Kita akan minta penjelasan soal itu. Kita akan ajukan pada pimpinan untuk panggil LPS terkait penjualan Bank Mutiara," kata anggota Komisi XI DPR Maruarar Sirait di Gedung DPR, Senin (15/9/2014) malam.

Ara, panggilan akrab Maruarar, berharap penjualan Bank Mutiara kepada perusahaan asal Jepang J Trust Co Ltd sesuai dengan penggelontoran Penyertaan Modal Sementara (PMS), naik dari pemerintah maupun LPS. J Trust baru-baru ini ditetapkan sebagai calon investor pemenang yang berhak mengikuti fit and proper test di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). (baca: BRI Tersingkir, Bank Mutiara akan Dicaplok Perusahaan Jepang)

Mengingatkan saja, pada 24 November 2008 hingga 24 Juli 2009 Bank Mutiara memperoleh suntikan modal hingga Rp 6,762 triliun. Pada Desember 2013 Bank Mutiara kembali mendapat suntikan dana mencapai Rp 1,249 triliun, sehingga total dana suntikan Bank Mutiara mencapai Rp 8 triliun.

"Harapan kami harus sesuai dengan harga, tentunya sesuai dengan suntikan yang diberikan dari keuangan negara yang dikeluarkan itu sekitar Rp 8 triliun. Maka kita dengarkan dulu mereka (LPS) nanti, soal harapan kami seperti itu," sebut Ara.

Dia mengungkapkan, pemanggilan LPS oleh DPR tersebut tentunya tidak terlepas dengan panjangnya proses penjualan bank tersebut, baik saat masih bernama Bank Century maupun sudah berganti nama menjadi Bank Mutiara.

"Bank itu kan sudah di bailout besar, jadi tentu perlu dijelaskan. Kita mengingat bank itu punya problem persoalan hukum dan politik, dan ada timwasnya," ujar Ara.]

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

baca juga: Berapa Harga yang Pantas untuk Menjual Bank Mutiara?Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.