Tak Dapat Suntikan Dana, Tol Trans-Sumatera Jadi Tanggung Jawab BUMN

Kompas.com - 17/09/2014, 13:45 WIB
Ilustrasi pembangunan jalan tol kompas.com/ syahrul munirIlustrasi pembangunan jalan tol
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com — Hingga penghujung 2014, pemerintah belum menganggarkan tambahan dana sebesar Rp 2 triliun dalam bentuk penyertaan modal negara (PMN) bagi PT Hutama Karya untuk menggarap tol lintas Sumatera.

Menanggapi hal tersebut, Menteri BUMN Dahlan Iskan berkomitmen bahwa proyek tol lintas Sumatera tetap harus dikerjakan, meskipun tanpa PMN.

"Dengan pengabdian BUMN, nanti skemanya agak berbeda. Jadi, itu tidak PMN, pinjaman PIP (Pusat Investasi Pemerintah) juga tidak dapat. Akhirnya, tol Sumatera sepenuhnya menjadi tanggung jawab BUMN untuk mendanai," kata Dahlan ditemui seusai rapat kerja dengan Komisi VI DPR RI, Jakarta, Selasa (16/9/2014) malam.

Dahlan mengatakan, rencananya, hanya Hutama Karya yang menjadi pengembang proyek tol, tetapi tidak perlu menjadi operator. "Dengan demikian, nanti yang saya pikirkan adalah begitu. Misalnya, Palembang selesai katakanlah 80 persen, langsung dijual ke Jasa Marga atau kepada siapalah yang menjadi penawar tertinggi," kata dia.

Pola bangun jual ini diyakini Dahlan dapat memberikan keuntungan bagi Hutama Karya dalam proyek tol Sumatera. Dengan keuntungan tersebut, Hutama Karya bisa membangun ruas-ruas berikutnya.

"Kalau tanpa pola itu, kalau Hutama Karya akan memiliki itu, kan pengembaliannya panjang. Dia enggak bisa membangun yang berikutnya," tandas Dahlan.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.