Kompas.com - 18/09/2014, 11:11 WIB
EditorErlangga Djumena


NEW YORK, KOMPAS.com -
Berdasarkan “Sensus Miliarder 2014” yang dilakukan oleh Wealth-X dan UBS, ada 155 miliarder baru di dunia. Dengan tambahan itu, maka saat ini jumlah total miliarder di seluruh dunia menjadi 2.325 orang, naik 7 persen dari tahun lalu.

Menurut laporan itu, orang yang masuk dalam kategori miliarder memiliki kekayaan sekitar 3,1 miliar dollar AS dan berusia 63 tahun. Hampir 90 persen dari mereka sudah menikah, dan rata-rata memiliki dua orang anak.

Kebanyakan dari mereka adalah laki-laki. Dan hanya 286 dari mereka adalah perempuan. Sekitar 87 persen dari miliarder laki-laki itu mendapatkan kekayaan dari usaha mereka sendiri. Sementara untuk wanita, hanya 35 persen yang mendapatkannya sendiri, dan sisanya didapat dari warisan.

Para miliarder ini memiliki beberapa persamaan. Pertama yaitu mereka rata-rata memiliki empat properti yang masing-masing nilainya sekitar 23,5 juta dollar AS. Lalu 35 persen dari miliarder ini memiliki yayasan amal sendiri. Satu dari tiga puluh miliarder itu juga memiliki tim olahraga sendiri dan juga kuda balap.

Masih berdasarkan laporan tersebut, tidak semua miliarder memiliki pendidikan tinggi. Bahkan, disebutkan 35 persen dari miliarder dunia tidak memiliki gelar sarjana.

Di manakah mereka tinggal ? Laporan itu menyebutkan bahwa hampir 35 persen dari miliarder dunia terkonsentrasi di 20 kota. Dua di antaranya berada di Amerika Serikat. Meskipun begitu, AS memiliki jumlah miliarder tertinggi yakni 25 persen dari total populasi miliarder dunia.

Ini dia tempat tinggal para miliarder tersebut:

Kota Jumlah miliarder
New York  103
Moscow  85
Hong Kong  82
London  72
Beijing  37
Sao Paulo  36
Istanbul  35
Dubai  34
Paris  33
Singapore  32
Mumbai  28
Tokyo  26
Los Angeles  25
Shenzhen  25
Geneva  23
Meksiko City  21
Shanghai  21
Taipei  21
Madrid  21
Riyadh  20

(Hendra Gunawan)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.