Pengamat: Menteri Ekonomi Jangan 'Inggah-Inggih pada Politik

Kompas.com - 21/09/2014, 11:41 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko
JAKARTA, KOMPAS.com - Kriteria menteri ekonomi yang menjadi dambaan publik tentulah yang bisa memperbaiki perekonomian bangsa dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Menurut Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Gadjah Mada, Denni Puspa Purbasari kriteria menteri ekonomi di kabinet Jokowi-JK adalah konservatif, dipercayai pasar, dan kata-katanya "suci".

"Jadi dia harus konservatif. Dalam arti, enggak "inggah-inggih" pada politik," kata Denni ditemui usai diskusi akhir pekan ini.

Menteri ekonomi, sambung dia, haruslah yang dipercayai pasar. Dalam arti, kata Denni, orang yang ditunjuk menjadi menteri ekonomi adalah dia yang memiliki rekam jejak yang baik.

"Dan kata-katanya suci. Menurut saya Agus (Agus Martowardojo) atau Chatib (Chatib Basri), bagus," tambah Denni. Dia percaya, ekonomi tak mengenal moral, hanya opportunity. Atas dasar itu, orang yang konservatif dinilainya lebih pantas menjabat sebagai menteri ekonomi.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.