Jika BBM Bersubsidi Naik, Nilai BLSM Diusulkan di Atas Rp 600.000 per Kepala

Kompas.com - 21/09/2014, 14:23 WIB
Calon penerima BLSM di Tasikmalaya harus rela mengantre pencairan di Kantor Pos, Selasa (3/8/2013). KOMPAS.com/IRWAN NUGRAHACalon penerima BLSM di Tasikmalaya harus rela mengantre pencairan di Kantor Pos, Selasa (3/8/2013).
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Gadjah Mada Denni Puspa Purbasari menuturkan, kompensasi kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) yang paling cepat dan sudah siap adalah seperti yang telah dilakukan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, yaitu Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM).

"Kenapa BLSM? Karena dengan cash itu fleksibel. Kalau rumah tangga saya perlu untuk beli bibit, saya akan pakai. Butuh obat, saya akan pakai. Butuh sekolah, saya akan pakai," ucap Denni ditemui usai diskusi akhir pekan ini.

Denni mengatakan, kalau BLSM tersebut dirasa tidak cukup, maka pemerintah baru yakni pemerintah Joko Widodo-Jusuf Kalla bisa melakukannuya dengan kompensasi sesuai target.

"Misalnya Beasiswa Siswa Miskin dinaikkan, Bidik Misi dinaikkan, kemudian PKH dinaikkan. Dan itu semua sudah ada kartu perlindungan sosialnya, tinggal kapan pemerintah mau on (jalan)," imbuh Denni.

Lantas, jika diserahkan dalam bentuk BLSM, berapakah idealnya kompensasi yang didapat untuk tiap rumah tangga sasaran? Denni mengatakan, setidaknya sebesar kenaikan harga barang-barang akibat naikknya harga BBM bersubsidi, dan dilebihkan.

"Berapanya, tergantung kenaikannya. Waktu Pak SBY naikkan Rp 1.000 per liter solar, dan Rp 2.000 per liter premium, kompensasinya Rp 600.000. Kalau kenaikannya lebih tinggi (dari zaman SBY), ya Rp 600.000 ke atas," tukas Denni.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.