Kompas.com - 22/09/2014, 20:27 WIB
Ilustrasi: pembangunan jalan tol KOMPAS/YUNIADHI AGUNGIlustrasi: pembangunan jalan tol
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Astra International Tbk (ASII) akan mengeluarkan biaya investasi sedikitnya Rp 1 triliun untuk pengembangan jalan tol. Adapun ruas tol yang dimaksud adalah ruas Mojokerto-Kertosono (Moker).

Direktur Astra, Paulus Bambang Widjanarko Eddy Santoso mengatakan, dana tersebut akan digunakan untuk menyelesaikan ruas tol Moker seksi II dan seksi II. Dua ruas ini ditargetkan rampung Juli 2015 mendatang. Sedangkan, seksi IV, juga ditargetkan kelar tahun depan.

"Seksi IV tergantung ruas Solo-Kertosono dulu," ujarnya kepada KONTAN beberapa waktu lalu.

Untuk seksi IV ini, tanah sudah siap 80 persen. Sekedar informasi, Astra melalui anak usaha PT Astratel Nusantara, PT Marga Harjaya Infrastruktur (MHI) memiliki konsesi tol Moker yang panjangnya 40,5 kilometer (km) ini. Tol ini terbagi dalam empat seksi.

Seksi I memiliki panjang 15 km. Sedangkan seksi II dan III masing-masing memiliki panjang 20 km dan 5 km. Sisanya merupakan seksi IV. Pembangunan tol di Jawa Timur ini memakan dana sekitar Rp 2,6 triliun.

Hingga semester I-2014, Grup Astra telah menggelontorkan dana sekitar Rp 1,2 triliun untuk infrastruktur. Perseroan mengalokasikan dana sekitar Rp 2,5 triliun tahun ini untuk infrastruktur. (Amailia Putri Hasniawati)Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Sumber Kontan
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.