Kompas.com - 23/09/2014, 08:44 WIB
EditorErlangga Djumena


JAKARTA, KOMPAS.com -
Perusahaan ritel plat merah, PT Sarinah, masih berkutat mencari bentuk   bisnis ritel yang pas. Itu sebabnya, Sarinah akan menata konsep toko ritelnya, serta mengubah mengubah konsep  bisnis gerainya, dari model  department store menjadi speciality store.

Ira Puspadewi, Direktur   Utama Sarinah yang baru diangkat pada Juli lalu, menyatakan, alasan mengubah konsep gerai ini bertujuan memperjelas segmen pasar.

"Kalau kemarin kami agak kabur mendefinisikan customer, sekarang kami akan mulai mengembangkan speciality store bukan lagi department store," ucap Ira kepada KONTAN, kemarin (22/9/2014).

Sri Agustina, Komisaris Sarinah, menambahkan, berbekal konsep speciality store, Sarinah akan menempatkan ruang khusus untuk menjual batik dan mainan edukasi untuk anak-anak. "Ada beberapa hal yang perlu kami dorong namun tidak boleh meninggalkan ciri khasnya, yakni menjual batik dan kerajinan asal Indonesia," kata dia.

Perubahan konsep itu adalah bagian strategi Sarinah menggenjot pendapatan ritel. Maklum, perusahaan itu masih mengandalkan pendapatan ritel sebagai kontributor pendapatan terbesar. 

Selain ritel, Sarinah mengandalkan pendapatan dari  usaha perdagangan dan bisnis penyewaan properti. Sayangnya, baik Ira maupun Sri Agustina belum bersedia menjelaskan target-target pendapatan ritel pada tahun ini. 

Ira menyatakan, penuntasan pergantian konsep toko itu akan menjadi fokus Sarinah sebelum memutuskan  untuk menambah gerai. Dus, perusahaan itu menargetkan akan menambah gerai pada tahun depan. Kalau tak meleset, Sarinah ingin menambah 10 gerai pada tahun 2015. (RR Putri Werdiningsih)
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.