Tawarkan Solusi Ekonomi Kerakyatan, UGM Sambangi Tim Transisi

Kompas.com - 24/09/2014, 18:55 WIB
Ilustrasi petani k9-11Ilustrasi petani
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (UGM) mendatangi Tim Transisi Joko Widodo-Jusuf Kalla sore ini. Kedatangan pihak FEB UGM tersebut guna menawarkan solusi-solusi ekonomi kerakyatan kepada pemerintahan baru.

Pihak UGM yang hadir adalah Dekan FEB UGM Prof Wihana Karya dan ekonom FEB UGM Prof Gunawan Sumodiningrat. Adapun pihak Tim Transisi yang hadir adalah Arif Budimanta.

"Tadi kami berdiskusi, mendengarkan masukan, dan mendalami konsep pengembangan ekonomi kerakyatan yang disampaikan FEB UGM. Apa yang disampaikan profesor-profesor ini adalah sebuah operasionalisasi dan proses transmisi kebijakan ekonomi berbasis trisakti, keberdikarian," kata Arif dalam konferensi pers di Rumah Cemara 19, Rabu (24/9/2014).

Menurut Arif, Tim Transisi Jokowi-JK memperoleh masukan bagaimana menjalankan ekonomi kerakyatan dan memberdayakan rakyat dari sisi produksi. Konsep yang diusung adalah rakyat harus bekerja, memperoleh manfaat, dan menabung.

"Dengan ada tambahan manfaat maka dia bisa menabung. Program kebijakan Jokowi-JK pada dasarnya ada 4 pilar, Indonesia sehat, pintar, kerja, dan sejahtera," ujar Arif.

Pada kesempatan yang sama, Wihana mengungkapkan, pada dasarnya visi dan misi Jokowi-JK terkait ekonomi kerakyatan sejalan dengan konsep pihaknya. Menurut dia, sebuah paradigma ekonomi harus dicari guna mengambil kebijakan.

"Paradigma kemarin banyak meninggalkan persoalan, ketidakmerataan ekonomi. Kami ingin memberi solusi untuk memberi kontribusi. Kita ingin sekali memberi semacam pendampingan visi dan misi Pak Jokowi," sebut Wihana.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.