Holding BUMN Perkebunan Diluncurkan Pekan Depan

Kompas.com - 25/09/2014, 13:17 WIB
Ilustrasi perkebunan teh KOMPAS.COM/FITRI PRAWITASARIIlustrasi perkebunan teh
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik (BUMN) Dahlan Iskan menuturkan holding BUMN perkebunan akan diluncurkan (launching) pada 2 Oktober 2014. Rencananya peluncuran bakal diselenggarakan di Surabaya.

"Karena rapimnya juga akan di sana (Surabaya). Kenapa Surabaya, karena banyak BUMN besar yang berbasis di sana," kata Dahlan kepada wartawan di Jakarta, Kamis (25/9/2014).

Dahlan mengatakan, peluncuran holding BUMN perkebunan dilakukan pada tanggal 2 Oktober 2014, setelah pembukaan neraca baru pada sehari sebelumnya. "Membuat neraca pembukaan, per tanggal 1 Oktober. Mekanismenya, menentukan awal akuntansi. Modal setor masing-masing PTPN itu jadi satu buku," terang Dahlan.

Sayangnya, ia tidak menyebut berapa modal yang disetor tiap-tiap PTPN. Usai menjadi holding, keempatbelas PTPN akan menggunakan nama PT Perkebunan Nusantara III, sesuai dengan yang ada di Peraturan Pemerintah.

"Kalau sudah resmi jadi holding, nanti mereka bisa mengubah AD/ART khusus untuk ubah nama," imbuh Menteri Perindustrian ad interim tersebut.

Setelah diluncurkan, pada tanggal itu juga holding BUMN perkebunan bisa beroperasi. Dahlan menegaskan, fokus aksi korporasi adalah bagaimana meningkatkan kinerja, bagaimana melakukan konsolidasi dan efisiensi, karena pengadaan disatukan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.