Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ADB: Investor Asing Masih Optimistis pada RI

Kompas.com - 25/09/2014, 13:29 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Pembangunan Asia (Asian Development Bank/ADB) menyatakan prospek investasi di Indonesia untuk tahun 2015 mendatang masih baik. Selain itu, kepercayaan bisnis di Indonesia pun masih diprediksi dalam kondisi baik.

"Driver tetap konsumsi, confidence tetap baik. Kita masih punya cukup room untuk konsumsi. Business confidence cukup naik. Tren manufacturing tetap membaik," kata Deputy Country Director ADB di Indonesia Edimon Ginting di Hotel Intercontinental Midplaza, Kamis (25/9/2014).

Menurut Edimon, investor asing pun masih cukup optimistis dengan potensi pertumbuhan Indonesia. Ia menyebut, terdapat sebuah survei terbaru yang dilakukan terhadap perusahaan-perusahaan AS yang dipublikasikan beberapa minggu lalu.

Survei tersebut bertujuan mengetahui bagaimana outlook laba perusahaan-perusahaan mereka di ASEAN tahun 2014 dan 2015. "Mereka secara umum optimistis terhadap ASEAN. 63 persen percaya profit mereka akan naik di 2015. Profit mereka akan naik salah satunya mostly di Indonesia. Kalau expand, 41 persen menyatakan akan di Indonesia," ujar Edimon.

Menurut Edimon, kondisi tersebut merupakan suatu fakta yang bagus bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia. "Itu story yang cukup positif, di tengah-tengah tidak banyak story positif (untuk mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia)," kata dia.

ADB juga memproyeksikan investasi swasta akan membaik. Ini merupakan dampak dari sentimen positif yang muncul dari suksesnya pemilu dan harapan pemerintahan baru akan melakukan reformasi kebijakan.

"Pertumbuhan kredit investasi tetap tinggi sebesar 30 persen walau terjadi pengetatan kebijakan moneter," tulis ADB dalam Asian Development Outlook (ADO) 2014.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com