Kompas.com - 29/09/2014, 13:06 WIB
ATM Bank Mandiri KOMPAS/HERU SRI KUMOROATM Bank Mandiri
Penulis Tabita Diela
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Mandiri Tbk, bersama perusahaan anaknya, yaitu Axa Mandiri, Mandiri Syariah, dan Mandiri Investasi, mengenalkan konsep layanan Mikro Mandiri Sejahtera bagi masyarakat. Layanan ini bukan produk baru, namun diharapkan mampu mempermudah penjualan berbagai produk keuangan dalam satu transaksi.

Produk yang ditawarkan dalam layanan tersebut adalah Asuransi Mikro, TabunganMU, Cicil Emas, dan Reksadana Mikro. "Yang dilakukan ini sebenarnya melakukan bundle. Dipaketkan, namanya Program Mandiri Sejahtera. Sekalian dipaketkan dengan yang investasi," ujar Direktur Utama Bank Mandiri, Budi Gunadi Sadikin di Pasar Petojo Ilir, Jakarta, Senin (29/9/2014).

Menurut Budi, saat ini masyarakat yang memiliki akses ke lembaga keuangan formal hanya 19,58 persen. Dengan kata lain, literasi keuangan masih cukup rendah. Padahal, menurut Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Firdaus Jaelani, data BPS menunjukkan usaha kecil dan mikro jumlahnya hampir 56 juta.

"Begitu banyak dan memang kesempatan kerja yang ditawarkan lebih dari 100 juta di sektor kecil dan mikro. Artinya, potensinya luar biasa. Kalau kita ingin maju perekonomiannya, ini yang harus digerakkan," ungkapnya.

Hal serupa disampaikan oleh Direktur Micro & Retail Banking, Hery Gunardi. Dalam kesempatan yang sama, Hery mengungkapkan bahwa layanan ini memang bukan produk baru. Namun Mandiri perlu menyasar masyarakat menengah ke bawah (masyarakat mikro) yang memiliki potensi besar.

"Ini bukan produk baru, ini layanan. Asuransi mikro, preminya Rp50.000 ke bawah, sudah banyak. Tidak ada produk baru, semua produk eksisting tapi freature-nya untuk menyentuh masyarakat mikro. Cicilan kredit, installmentnya juga fleksibel," pungkasnya.

Hingga akhir tahun ini, Bank Mandiri bertekad meningkatkan literasi keuangan di antara masyarakat mikro. Peningkatan literasi keuangan pun membuat bank tersebut yakin, kredit mikro di Bank Mandiri bisa tumbuh 37 persen dibanding tahun lalu.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.