Kementerian ESDM Mengaku Tak Rela Listrik Nasional Dikuasai Asing

Kompas.com - 01/10/2014, 14:50 WIB
Ilustrasi transmisi listrik KOMPAS/RONY ARIYANTO NUGROHOIlustrasi transmisi listrik
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Menteri Energi dan Sumberdaya Mineral (Wamen ESDM) Susilo Siswoutomo mengkhawatirkan kesiapan Indonesia menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) tahun 2015 nanti. Dia mengaku tidak rela jika operator-operator kelistrikan di Indonesia dikuasai asing.

"Saya terus terang tidak rela jika para operator listrik itu orang asing, listrik dikuasai asing," ujar Susilo di Jakarta, Rabu (1/10/2014).

Dia menjelaskan, dengan diberlakukannya MEA nanti maka para pekerja maupun perusahaan operator listrik dari bebagai negara ASEAN akan masuk dengan mudah ke Indonesia. Jika tidak ada kesiapan dari operator listrik di Indonesia, maka Indonesia akan dikuasai oleh operator listrik dari negara lain.

Oleh karena itu dia mengatakan, baik pekerja maupun operator lokal harus dimanfaatkan pemerintah secara baik agar tetap mampu bersaing dalam sistem keterbukaan MEA 2015. Dia yakin bahwa operator listrik lokal mampu membangun infrastruktur kelistrikan nasional dengan baik.

"Saya bukan anti asing, tapi selama lokal bisa kenapa tidak. Keberpihakan kepada produk nasional adalah keharusan," kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.