Ekonom: Politik Dalam Negeri Tak Menentu, RI Makin Ditinggal Investor

Kompas.com - 02/10/2014, 12:45 WIB
Penulis Tabita Diela
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Langkah yang harus diambil Bank Indonesia (BI) untuk menahan larinya modal dari Indonesia tidak mudah. Menaikkan suku bunga acuan bukan pilihan yang tepat, karena hal itu akan membebani pemodal dalam negeri.

Hal tersebut disampaikan oleh ekonom dan akademisi dari Universitas Gadjah Mada, Poppy Ismalina menanggapi skeptisme pasar terkait perkembangan politik di Indonesia

Menurut Poppy, langkah BI menahan aliran modal keluar Indonesia bisa dilakukan dengan menaikkan suku bunga. Sayangnya, suku bunga bisa menjadi sangat tinggi dan menyulitkan investor dalam negeri.

"Rasanya sulit BI menahan outflow ini dengan menaikkan suku bunga yang akan kompetitif dengan suku bunga di luar, karena ini dapat mencekik investor domestik," ujar Poppy.

Larinya modal keluar Indonesia bisa didorong oleh dua faktor, yakni dari dalam dan luar negeri. Menurut Poppy, faktor dari dalam negeri adalah ketidakstabilan politik, sementara faktor dari luar negeri adalah naiknya suku bunga acuan Amerika Serikat, Fed Rate.

"Kalau kondisi politik ini melahirkan banyak ketidakpastian di dalam kebijakan ekonomi, apapun tentu dapat terjadi. Karakter ilmiah dari para pelaku bisnis adalah mencari tempat yang memiliki kepastian lingkungan bisnis dan ekonominya, dan hal ini sangat dipengaruhi oleh stabilitas politik," pungkas Poppy.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.