Kompas.com - 03/10/2014, 13:00 WIB
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu berpose di depan lembar-lembar kain batik bermotif Mickey Mouse and Friends, Senin (23/6/2014) di Kantor Pusat Batik Keris, Cemani, Sukoharjo, Jawa Tengah. KOMPAS/NELI TRIANAMenteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu berpose di depan lembar-lembar kain batik bermotif Mickey Mouse and Friends, Senin (23/6/2014) di Kantor Pusat Batik Keris, Cemani, Sukoharjo, Jawa Tengah.
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Dua karakter animasi lokal Indonesia kini mendunia setelah ikut dalam ajang kompetisi animasi international di Jepang belum lama ini.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Mari Elka Pangestu dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, seperti dikutip Antara, Jumat (3/10.2014), mengatakan, dua karakter lokal Indonesia adalah "Salim & Silmy" karya Royas Amri Bestian dan "Hebring" karya pasangan Andi Martin dan Marlin Sugama, masing-masing meraih "special jury award" dan juara kedua dalam ajang tingkat dunia.

"Dua karakter lokal Indonesia ini menang dalam ajang ASEAN Character Award, yang acara pemberiaan hadiahnya dilakukan bersamaan dengan event Tokyo Game Show 2014 di Jepang," katanya.

Kemenangan itu, menurut Mari Elka, sekaligus menggambarkan semakin menggeliatnya industri kreatif Indonesia.

Ia menjelaskan bahwa hingga semester pertama 2014, nilai tambah yang diciptakan oleh sektor ekonomi kreatif diestimasi mencapai Rp 111,2 triliun.

Penyumbang nilai tambah tertinggi, kata menteri, antara lain subsektor mode, kuliner, kerajinan, serta penerbitan dan percetakan. "Keempat subsektor ini juga erat kaitannya dengan sektor pariwisata," kata dia.

Menurut estimasi Pusdatin Kemenparekraf, ekspor karya kreatif Indonesia hingga tengah tahun 2014 mencapai Rp 63,1 triliun atau tumbuh sebesar 7,27 persen dibandingan periode yang sama pada tahun 2013.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pertumbuhan tertinggi, kata dia, dicapai oleh subsektor kerajinan dengan laju pertumbuhan ekspor sebesar 11,81 persen, diikuti mode dengan pertumbuhan 7,12 persen, periklanan 6,02 persen, dan arsitektur 5,59 persen.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Antara
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.