Harga Acuan Pembelian Kedelai Dipatok Rp 7.600

Kompas.com - 06/10/2014, 11:54 WIB
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com – Kementerian Perdagangan (Kemendag) kembali menetapkan harga acuan pembelian kedelai atau Harga Beli Petani (HBP) Kedelai yang berlaku untuk periode Oktober-Desember 2014 sebesar Rp 7.600 per kg. 

”Insentif harga diberikan dalam bentuk penetapan HBP Kedelai yang ditentukan dengan mempertimbangkan biaya usaha tani kedelai, dampak terhadap tingkat inflasi, dan keuntungan petani,” ujar Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri, Srie Agustina dalam keterangannya di Jakarta, Jumat (3/10/2014).

Sri mengatakan, penetapan HBP tersebut bertujuan untuk mengurangi ketergantungan Indonesia terhadap impor kedelai. Pasalnya saat ini sekitar 60 persen kebutuhan kedelai nasional masih dipasok dari impor. Sementara itu stok kedelai di gudang importir sampai akhir Agustus 2014 kata Srie sebesar 239 ribu ton.

Kedelai impor tersebut memiliki harga jual ke distributor berkisar Rp 7.000 per kg sampai Rp 7.300 per kg.

Oleh karena itu lanjut Srie, produksi kedelai perlu terus didorong dengan cara memberikan insentif melalui kebijakan harga di tingkat petani. Dengan cara itu dia yakin para petani akan terdorong untuk menanam kedelai sehingga produksi kedelai nasional juga meningkat.

“Dengan kebijakan harga pembelian kedelai kepada petani saat ini, semangat para petani kita untuk menanam kedelai akan tetap terpelihara, yang pada gilirannya akan dapat menstimulasi peningkatan produktivitas tanaman kedelai,” kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.