Musim Kemarau, Harga Beras di Tegal Merangkak Naik

Kompas.com - 07/10/2014, 12:57 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

TEGAL, KOMPAS.com - Musim kemarau yang melanda sejumlah daerah membuat pasokan beras di Pasar Beras, Martoloyo, Kota Tegal, Jawa Tengah terganggu. Akibatnya, kenaikan harga kini terjadi dari kisaran Rp 300- Rp 500 per kilogram.

Salah seorang pedagang, Abdullah (57) mengaku, biasanya dalam seminggu dirinya bisa mendapatkan lima ton beras dari petani. Namun sudah sepekan, dirinya hanya mampu mendapatkan sekitar dua ton saja.

"Biasanya pasokan datang dari para petani dari Pemalang, Bumiayu, dan Brebes, tapi kini tidak ada yang ke sini, mungkin karena sudah habis musim panen," kata Abdullah di lapaknya, Selasa (7/10/2014).

Hal senada juga dikatakan Nuredi, salah seorang pedagang beras lainnya. Berkurangnya pasokan membuat stok beras menjadi langka. Akibatnya, harga beras berbagai jenis kini mengalami kenaikan yang cukup tinggi.

"Beras jenis lokal (C4) yang tadinya Rp 7600 kini mencapai Rp 7900, sementara harga beras jenis Pandan Wangi dan Rojo Lele dari Rp 8000 kini menjadi Rp 8500 perkilogram," ujar Nuredi.

Pedagang memperkirakan kenaikan harga akan terus terjadi seiring musim kemarau yang masih melanda. Para pedagang di Pasar Beras disini biasanya menjual barang dagannya ke sejumlah pasar di wilayah Kota Tegal.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.