Kompas.com - 07/10/2014, 14:38 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko
JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Menteri Perberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan dan RB) Eko Prasodjo menuturkan ada empat hal yang menjadi jawaban mengapa sebuah negara bisa menjadi negara maju, dan sebaliknya.

Pertama, negara tersebut memiliki sumber daya alam. Seperti negara-negara di Timur Tengah dia contohkan, yang memiliki kekayaan sumber daya alam. Kedua, negara tersebut memiliki sumber daya manusia. Singapura, sebut Eko, merupakan contoh baik negara yang tidak memiliki kekayaan alam namun memiliki SDM yang berkualitas.

"Sehingga mereka bisa jadi negara yang mungkin sangat maju di Asia. Birokrasinya pun kelas dunia," kata Eko dalam sambutan Investment Award 2014, di Jakarta, Selasa (7/10/2014).

Ketiga, lanjut Eko, negara tersebut memiliki kekuatan institusional yang terletak pada sistem, mekanisme, prosedur, linkage, culture, dan sebagainya. Sedangkan, prasyarat keempat adalah negara tersebut, memiliki nilai.

Eko menuturkan, Korea dan Jepang adalah dua negara di Asia yang memiliki nilai kuat dan bisa memanfaatkannya sebagai faktor pendorong ekonomi. "Indonesia berpotensi memiliki keempatnya. Sayangnya, sumber daya alam kita yang melimpah ruah justru dipakai negara lain. Nilai kita juga kuat karena punya sejarah panjang," jelas Eko.

Adapun faktor ketiga, yakni kekuatan institusional adalah yang disebut bisa didayagunakan untuk mendorong perubahan dan pertumbuhan ekonomi Indonesia. Eko menilai, dengan semakin efisien dan efektifnya institusi atau birokrasi di Indonesia, sebagaimana rekomendasi dari National University of Singapore (NUS), Indonesia diyakini dapat melaju menjadi negara maju.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.