Kompas.com - 07/10/2014, 15:01 WIB
|
EditorErlangga Djumena
SEMARANG, KOMPAS.com - Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional IV Jateng-DIY menggandeng ibu-ibu se-Jawa Tengah untuk dibekali pemahaman literasi keuangan. Berdasarkan penelitian OJK, literasi keuangan ibu-ibu rumah tangga sangat rendah, jika dibanding literasi keuangan para lelaki.

Deputi bidang edukasi dan pelindungan konsumen OJK RI, Sri Rahayu di Semarang, mengatakan literasi bagi ibu PKK dan kegiatan UMKM penting untuk dibekali soal pemahaman keuangan. Ada beberapa edukasi diberikan OJK, antara lain merencanakan keuangan dengan baik, wawasan keuangan yang baik, hingga diajarkan keterampilan memilih investasi di sektor jasa keuangan.

"Kami juga kasih mereka tips investasi yang aman dan baik. Bahkan, untuk mempermudah, OJK mengeluarkan buku perencanaan keuangan yang bisa didistribusikan kepada masyarakat luas," ujar Sri, Selasa (7/10/2014).

Berdasarkan hasil survey literasi keuangan tahun 2013, tingkat pemahaman keuangan ibu-ibu ternyata lebih rendah dibandingkan bapak-bapak. Untuk itu, OJK berusaha memberikan prioritas kepada ibu-ibu.

"Nanti, kami sosialisasi hingga muncul tingkat keyakinan, sehingga ibu-ibu bisa membeli polis asuransi jiwa, mikro dan sebagainya. Selain itu, kami juga mengingatkan agar ibu-ibu tak terlena bunga tinggi yang tidak jelas," cetusnya.

Ketua tim PKK Provinsi Jateng, Siti Atiqoh Ganjar Pranowo menyatakan, untuk melindungi ibu-ibu dari investasi fiktif, pihaknya minta kepada OJK untuk diberikan pemahaman investasi secara aman.

Menurut Atiqoh, ibu rumah tangga adalah menteri keuangan dalam keluarga. Ia sangat rentan menjadi korban investasi fiktif, sehingga perlu pemahaman soal usaha yang aman.

"Nanti, saya minta ada kiat-kiat dari OJK, jenis investasi yang aman. Kebanyakan korban investasi itu ibu rumah tangga. Tentu, setelah ini saya berharap agar edukasi ini bisa membuka wawasan, dan nantinya bisa disampaikan ke masyarakat umum," cetusnya.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.