Banyak Kecelakaan Tambang Jadi Alasan Freeport Tak Dapat Penghargaan

Kompas.com - 07/10/2014, 21:40 WIB
Freeport KOMPAS/AGUS SUSANTOFreeport
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorPalupi Annisa Auliani
JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak kecelakaan tambang menjadi faktor yang menjegal PT Freeport Indonesia mendapatkan penghargaan terkait pengelolaan keselamatan dan lingkungan 2014.

"Itu diberikan berdasarkan (data) tahun 2013. Kinerja baik, perusahaan baik, tapi kalau ada yang meninggal karena kecelakaan tambang kami drop," ujar Direktur Teknik dan Lingkungan Minerba Kementerian ESDM Bambang Susigit, di kantornya, Jakarta, Selasa (7/10/2014).

Bambang menjelaskan, sepanjang 2014 saja sudah ada 6 pekerja PT Freeport Indonesia yang tewas dalam kecelakaan tambang. Dia menyebutkan kecelakaan terbaru menewaskan 4 orang pekerja setelah mobil Toyota LV 2740R berisi 9 pekerja terlindas truk tambang Freeport.

Seminggu sebelum tewasnya 4 orang pekerja itu, lanjut Bambang, seorang pekerja Freeport juga tewas tertimpa batu di tambang dalam Freeport. "Mengenai penghargaan walau kinerja bagus tapi ada 1 orang yang meninggal maka tidak ada penghargaan," tegas dia.

Pada 14 Mei 2013, terowongan Big Gossan di kawasan tambang milik Freeport runtuh, menimbun ruang kelas 11 Quality Manajement Services (QMS) Underground. Insiden ini menewaskan 28 orang dan melukai 10 orang lain.

Lalu, pada 31 Mei 2013,  seorang pekerja perusahaan ini juga tewas tertimbun material biji basah (wet muck) saat perawatan tambang bawah tanah Deep One Zone (DOZ) di Mil 74.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.