KMP Bertakhta di MPR dan DPR, Ketua Apindo Sebut Optimisme Pengusaha Luntur

Kompas.com - 08/10/2014, 18:35 WIB
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com — Terpilihnya paket B yang diusung partai koalisi pendukung Prabowo Subianto dalam perebutan kursi pimpinan MPR 2014-2019 ditengarai melunturkan optimisme pelaku usaha terhadap iklim usaha.

"Optimisme yang tinggi, ketika Jokowi terpilih, sekarang cenderung menurun," ungkap Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sofjan Wanandi saat ditemui dalam Trade Expo Indonesia ke-29 di Jakarta, Rabu (8/10/2014).

Salah satunya, kata Sofjan, tecermin dari capital market yang menunjukkan bahwa uang mudah keluar-masuk setelah digoyang isu politik. Sebagai informasi, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada awal perdagangan Rabu langsung melorot di bawah level psikologis 5.000, setelah pengumuman terpilihnya paket B. IHSG dibuka turun 40,42 poin menjadi 4.992,42. IHSG hari ini ditutup anjlok 74,32 poin atau 1,48 persen pada 4.958,52.

Sofjan menegaskan, stabilitas politik sangatlah penting bagi investor. Ketika kondisi politik belum stabil, penanam modal akan lebih mengambil sikap wait and see.

Sofjan memandang, dinamika politik sangat cepat berubah. Pelaku usaha pun mau tak mau merespons dengan cepat, meski yang diinginkan adalah stabilitas. Namun, menurut dia, stabilitas tersebut akan sangat sulit dibangun pada masa-masa seperti ini.

"Sekarang sulit, terlalu banyak permainan politik. Kami sudah tidak mengerti lagi," kata dia.

Meski demikian, Sofjan menambahkan, selama pemerintahan baru melakukan hal positif, maka kepercayaan diri pelaku pasar bisa berubah arah. "Kalau Jokowi memang mampu, politik pasti berubah cepat sekali," sebut dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.