Kompas.com - 15/10/2014, 09:50 WIB
ilustrasi KompasTeknoilustrasi
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) Armida S Alisjahbana, segera akan purna tugas seiring dengan berakhirnya masa jabatan Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II (KIB II). Mengenai calon penggantinya, Armida mengaku belum mendapat bocoran. Yang jelas, Armida bilang, sosok penggantinya itu memiliki kriterita-kriteria yang tepat sebagai Kepala Bappenas.

Dia pun tidak mempedulikan apakah penggantinya, berasal dari dalam Kementerian atau di luar itu. "Kriterianya, boleh ekonom, tapi punya pengalaman, punya perspektif yang cukup," kata dia kepada wartawan, Selasa (14/10/2014) malam.

Armida menjelaskan, Bappenas tidak hanya menangani urusan ekonomi, namun juga polhukam, kesra, sampai pengembangan wilayah. "Siapapun yang di sini, harus punya background dan pengalaman yang cukup, agak lintas," ujar Armida.

Sosok Menteri PPN yang tepat sangat perlu, sebab kata Armida, tantangan pembangunan dalam lima tahun ke depan semakin sulit. Sama sulitnya dengan tantangan ekonomi dan politik.

"Termasuk yang jangka pendek, kita punya pers yang bebas, DPR dan kepemimpinan nasional yang beda dibanding lima tahun terakhir, yang saya pikir jauh lebih sulit," jelas Armida.

Lebih lanjut Armida menyebutkan, tantangan pembangunan menjadi makin sulit karena perekonomian yang sulit. "Fiskal menjadi tantangan utama, pertumbuhan melambat seperti target pajak yang mungkin hanya tercapai 94 persen. Terutama fiskal dan makro, karena keduanya itu yang akan membentuk semua," ucap Armida.

Usai serah terima jabatan nantinya, jika tidak terpilih lagi, Armida mengaku akan kembali menjadi civitas Unpad. "Back to campus. Saya statusnya Guru Besar nonaktif. Jadi begitu selesai, harus diaktifkan lagi, dosen dan Guru Besar di Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Padjajaran, Bandung," sebut Armida.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.