Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terus Naik, Impor Buah Tahun Ini Bisa Capai 2,8 miliar Dollar AS

Kompas.com - 15/10/2014, 11:47 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Impor hortikultura tahun ini diperkirakan akan naik hingga 25 persen. Kenaikan ini terjadi seiring dengan konsumsi buah impor yang tinggi. Celakanya, kondisi ini seperti dibiarkan tanpa solusi dan membuat posisi buah lokal terpinggirkan.

Benny Kusbini, Ketua Dewan Hortikultura Nasional mengatakan, Menteri Pertanian selalu mengakui kegagalan swasembada pangan pada jagung dan kedelai. Padahal menurutnya, pada sektor hortikultura juga sama gagalnya. Hal ini terlihat dari menjamurnya buah impor di pasar lokal.

Benny menilai tahun ini impor pada sektor hortikultura akan lebih tinggi ketimbang tahun 2013. Jika tahun 2013 nilainya mencapai 1,6 miliar dollar AS maka tahun ini bisa mencapai 2 miliar dollar AS dan tidak menutup kemungkinan akan menembus angka 2,8 miliar dollar AS.

"Konsumsi buah seperti jeruk, apel dan anggur begitu tinggi. Hal ini didorong dari konsumsi dari masyarakat menengah atas yang tumbuh. Kondisi ini mengkhawatirkan jika pemerintah tidak segera mengamankan komoditi unggulan buah lokal," kata Benny, Selasa (14/10/2014).

Benny akan mengusulkan buah-buah seperti mangga, jeruk, manggis, dan nanas untuk dilindungi di tengah serbuan buah impor. Jika tidak, dikhawatirkan produk lokal akan semakin tersisihkan ketika pasar bebas ASEAN. (Mona Tobing)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com