Kompas.com - 16/10/2014, 13:07 WIB
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo mendukung kenaikan harga BBM bersubsidi secepatnya. Pasalnya dengan adanya kenaikan tersebut, bisa mengurangi impor BBM yang menyebabkan defisit neraca perdagangan.

"Lebih cepat lebih baik," ujar Agus di gedung Sekretariat MA, Kamis (16/10/2014).

Agus mengatakan, dengan kenaikan harga BBM bersubsidi, fiskal dalam negeri akan membaik. Menurut dia,  meski akan meningkatkan inflasi, kenaikan harga BBMM bisa memperbaiki neraca perdagangan yang saat ini defisit.

"Kalau misalnya ada penyesuaian harga BBM, itu akan memperbaiki fiskal dan memperbaiki transaksi berjalan," ucap dia.

Agus menilai, kisaran inflasi saat ini sebesar 4,5 persen adalah normal.  Adapun untuk inflasi sampai akhir tahun ini, BI memperkirakan, akan ada di kisaran 5,1 sampai 5,4 persen. "Tetapi itu belum memperhitungkan kenaikan harga BBM," ujar Agus.(Adiatmaputra Fajar Pratama)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.