Kompas.com - 16/10/2014, 17:32 WIB
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Keuangan meluncurkan Standard Operating Procedure (SOP) terkait transaksi hedging (lindung nilai). Pedoman itu terdiri dari pokok-pokok pengaturan hedging yang disusun kementerian, BUMN dan lembaga negara lain.

"SOP berisikan kejelasan pengaturan atas struktur organisasi, tugas dan kewenangan perangkat lindung nilai," ujar Menteri Keuangan, Chatib Basri, Kamis (16/10/2014).

Lebih lanjut Chatib menjelaskan, SOP tersebut mengatur kewenangan dan tanggung jawab, organ serta fungsi organisasi yang akan menangani kegiatan hedging. Dengan begitu maka diharapkan pelaksanaan kegiatan lindung nilai dapat dilakukan secara efektif dan meminimalkan potensi moral hazard.

Sementara itu mengenai transaksi hedging dibagi menjadi tiga tahapan yaitu tahap transaksi, tahap pelaksanaan transaksi, dan tahap monitoring transaksi serta penyelesaian transaksi termasuk dokumentasi.

"Pedoman ini penting karena banyak manfaat transaksi hedging baik bagi perusahaan maupun perekonomian nasional," kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.