Kompas.com - 21/10/2014, 08:17 WIB
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com
- Indeks Harga Saham Gabungan diproyeksikan bergerak variatif, Selasa (21/10/2014) ini, dengan sentimen penantian atas komposisi Kabinet Joko Widodo-Jusuf Kalla yang rencananya diumumkan malam ini. Tekanan ambil untung membayangi pergerakan indeks.

Pasar saham AS melanjutkan penguatan seiring kinerja positif perusahaan tercatat (emiten) di triwulan ketiga. Penguatan terjadi atas indeks Dow Jones Industrial Average sebesar 0,12 persen dan indeks S&P500 sebesar 0,91 persen.  

Dari pasar Asia, pergerakan pasar saham dipengaruhi oleh data PDB Tiongkok kuartal ketiga yang diperkirakan melambat. Koreksi pasar saham Asia ditunjukkan oleh indeks Nikkei 225 di Jepang sebesar 0,16 persen dan indeks KOSPI Composite di Korea Selatan yang turun 0,60 persen. Sementara harga kontrak berjangka (futures) komoditas bergerak variatif.  

Dari dalam negeri, publik menanti pengumuman kabinet yang akan mendampingi presiden dan wakil presiden, Joko Widodo - Jusuf Kalla. Di sisi lain, total investasi langsung (foreign direct investment/FDI) di Indonesia meningkat karena sektor tersier. FDI Indonesia naik menjadi 6,8 persen secara tahunan pada triwulan ketiga tahun ini dari 3,6 persen pada triwulan sebelumnya.  

Momentum investasi diperkirakan Mandiri Sekuritas masih akan naik ke depannya dengan asumsi risiko politik menurun. Lebih jauh lagi, posisi investasi yang diumumkan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) trennya masih sejalan dengan prediksi gross domestic product (GDP) akan ada rebound pertumbuhan ekonomi pada triwulan keempat 2014.  

IHSG masih diperdagangkan di atas EMA 200 hari. Indeks bergerak menguat untuk kemudian ditutup pada level 5.040 atau naik 0,23 persen pada perdagangan kemarin. "Pada perdagangan hari ini IHSG akan bergerak variatif mencoba naik dan coba menguji resistance terdekat di 5.104 dan support di 4.974," tulisnya.

baca juga: Analis: IHSG Menguat Bukan Semata Pelantikan Jokowi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.