Bos Total Meninggal setelah Pesawat Menabrak Truk dengan Pengemudi Mabuk

Kompas.com - 21/10/2014, 18:45 WIB
CEO Total Christophe de Margerie lelab.europe1.frCEO Total Christophe de Margerie
EditorBambang Priyo Jatmiko

MOSKOW, KOMPAS.com - CEO Total Christophe de Margerie, meninggal dalam sebuah kecelakaan, setelah pesawatnya menabrak mobil penyapu salju di sebuah bandara di Moskow, Rusia, Selasa 921/10/2014).

Total, yang merupakan salah satu perusahaan migas raksasa di dunia, telah mengonfirmasi kematian Margerie. Sementara itu, pihak investigator Rusia menyebutkan pengemudi truk penyapu salju sedang mabuk saat menjalankan kendaraan tersebut, di samping juga pihak pengatur lalu lintas udara dinyatakan bersalah.

Terkait dengan kematian Margerie (63 tahun) saham Total longsor hingga 2 pada awal perdagangan di bursa Paris.

Margerie, yang dikenal dengan sebutan "Si Kumis Besar" cukup dihormati di kalangan pebisnis migas global, karena kepiawaiannya Total untuk terus berekspansi di seluruh dunia. Namun di sisi lain, dia juga dikenal sebagai tokoh yang kontroversial saat memimpin perusahaan migas tersebut, yang salah satunya skandal di PBB yakni "minyak untuk pangan".

Beberapa jam sebelum kejadian, De Margerie baru saja bertemu PM Rusia Dmitry Medvedev di luar Moskow untuk mendiskusikan masuknya investasi asing ke Negara Beruang Merah itu, meskipun Rusia sedang menghadapi sanksi dari negara-negara barat terkait konflik politik di Ukraina.

Sementara itu, Presiden Rusia Vladimir Putin menggambarkan De Margerie sebagai, "Seorang teman sejati bagi negara kami. Kami akan selalu mengingatnya sebagai teman yang hangat," kata Putin.

Dari Perancis, Presiden Francois Hollande menyatakan kekagetannya. Dia mengaku sangat sedih dengan tragedi yang menimpa bos Total itu.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Sumber AFP
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.