Kompas.com - 22/10/2014, 08:30 WIB
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan diproyeksikan bergerak variatif menanjak pada Rabu (22/10/2014) ini, dengan sentimen utama penantian atas komposisi Kabinet Joko Widodo-Jusuf Kalla yang rencananya diumumkan hari-hari ini.

Sentimen positif dari eksternal ikut mendorong posisi belu pelaku pasar dan investor di Bursa Efek Indonesia. Pasar saham AS mencetak rekor kenaikan tertingginya sepanjang tahun ini, seiring ekspektasi Bank Sentral Eropa akan meningkatkan stimulus ekonominya. Penguatan terjadi atas Indeks Dow Jones Industrial Average sebesar 1,31 persen dan indeks S&P500 sebesar 1,96 persen.

Dari pasar Asia, pergerakan pasar saham juga dipengaruhi oleh kenaikan bursa global. Apresiasi pasar saham Asia ditunjukkan oleh indeks Nikkei 225 di Jepang sebesar 1,83 persen dan indeks KOSPI Composite di Korea Selatan yang menguat 0,73 persen.

Sementara harga kontrak berjangka (futures) komoditas bergerak variatif. Dari dalam negeri, Presiden Joko Widodo harus meminta pertimbangan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) terkait perubahan nomenklatur kabinetnya.

Seperti diketahui, Jokowi telah menyatakan kementeriannya akan terdiri dari 33 kementerian dengan empat menteri koordinator di dalamnya. Jokowi juga akan mengubah atau meleburkan beberapa pos kementerian yang membuatnya berbeda dengan kabinet Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang memiliki 34 kementerian. Jokowi sendiri sedianya akan mengumumkan susunan kabinetnya pada hari ini.  

Riset Mandiri Sekuritas memroyeksikan pada perdagangan hari ini IHSG akan bergerak variatif dengan kecenderungan menguat dan coba menguji level tertinggi terdekat terdekat di 5.100 serta terendah di 4.955.

Adapun beberapa rekomendasi saham yang layak untuk dikoleksi hari ini adalah WTON dan PTPP.

baca juga: Jokowi-JK Dilantik, Bisakah IHSG Masa Inagurasi Gus Dur Disalip?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.