Ini "Uji Nyali" yang Bakal Menyambut Rini M Soemarno di Kementerian BUMN

Kompas.com - 27/10/2014, 02:59 WIB
|
EditorPalupi Annisa Auliani
JAKARTA, KOMPAS.com — Rini M Soemarno disebut akan langsung berhadapan dengan "uji nyali" begitu menapakkan kaki di Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Apakah ujian itu?

"Siapa pun menteri baru, saya yakin akan menerima ratusan CV (curriculum vitae) untuk dijadikan direksi dan atau komisaris. Itu uji nyali pertama Bu Rini. Apakah dia akan memilih sesuai kompetensi atau tidak," kata Said Didu, mantan Sekretaris Menteri BUMN, saat dihubungi, Minggu malam.

Meski demikian, Said berkeyakinan bahwa Rini bisa melewati tantangan ini. Namun, dia tak menampik ada kemungkinan keputusan yang akan diambil Rini bakal mencerminkan sikap politiknya.

Said berpedapat, kompetensi Rini ditunjang kedekatannya dengan Presiden Joko Widodo akan menjadi "modal" untuk menerobos semua upaya intervensi.

Setelah masalah pengisian kursi direksi BUMN, kata Said, tantangan berikutnya yang menghadang Rini adalah soal penafsiran hukum tentang pengelolaan BUMN.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.