Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Harapan Apindo kepada Kabinet Jokowi

Kompas.com - 27/10/2014, 06:30 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri ekonomi "Kabinet Kerja" Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla diminta bekerja keras menyelesaikan masalah-masalah ekonomi agar pertumbuhan ekonomi rata-rata di atas tujuh persen selama lima tahun mendatang dapat dicapai.

"Pertumbuhan ekonomi harus tinggi agar persoalan ekonomi khususnya pengangguran dan kemiskinan dapat teratasi. Kalau kurang dari itu maka ekonomi nasional sulit bersaing dengan negara lain," kata Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Sofjan Wanandi di Jakarta, Minggu (26/10/2014).

Menurut Sofjan, salah satu pekerjaan besar tersebut adalah bagaimana tim ekonomi mampu secara bersama-sama mengurangi ekonomi biaya tinggi.

"High cost economy menjadi faktor penyebab pertumbuhan ekonomi bergerak pada kisaran rendah. Ini menjadi PR bersama para menteri ekonomi. Menteri-menteri ekonomi jangan berpikir asal jalan, tapi harus ada target pencapaian masing-masing," kata Sofjan.

Untuk itu, tambahnya, menyelesaikan pembangunan infrastruktur menjadi hal yang mutlak dituntaskan.

Dengan begitu, investasi yang mendatangkan devisa lebih besar dapat terwujud karena ada jaminan kegiatan produksi dan pelayanan bisnis berlangsung dengan baik.

"Infrastruktur kunci keberhasilan industri dan perdagangan suatu negara. Singapura, Hongkong contoh negara yang memiliki infrastruktur bagus, tidak hanya fisik tapi didukung kebijakan-kebijakan yang pro pertumbuhan," ujarnya.

Pemilik kelompok usaha Gemala Group ini juga menyebutkan pentingnya para menteri ekonomi untuk saling koordinasi menjaga iklim usaha yang kondusif.

"Antarmenteri harus komunikatif, sehingga kebijakan masing-masing sinkron, tidak saling berseberangan," tegasnya.

Pada Minggu sore, Presiden Jokowi mengumumkan susunan menteri ekonomi yang dikomandoi Menko Perekonomian Sofyan Djalil.

Menteri-menteri ekonomi lainnya ditetapkan seperti Menteri Keuangan Bambang Sumantri Brodjonegoro, Menteri Kemaritiman Indroyono Soesilo, Menteri Perhubungan Ignatius Jonan, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.

Selanjutnya Menteri BUMN Rini M Soemarno, Menteri Koperasi dan UMKM AA Ngurah Puspayoga, Menteri Perindustrian Saleh Husin, Menteri Perdagangan Rahmat Gobel, Menteri Pertanian Amran Sulaiman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com