Tantangan Terberat Menteri ESDM adalah Konversi BBM ke BBG

Kompas.com - 27/10/2014, 13:21 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com – Direktur Eksekutif Indonesian Resources Studies (IRESS) Marwan Batubara menyebut, tantangan terberat Sudirman Said sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) adalah krisis energi.

“Sekarang ini bisa dibilang kita mengalami krisis energi yang menyebabkan triple defisit, defisit neraca perdagangan, defisit neraca pembiayaan, serta defisit neraca transaksi berjalan,” kata Marwan kepada Kompas.com, Minggu (26/10/2014) malam.

Atas dasar itu, lanjut Marwan, yang menjadi program penting Kementerian ESDM ke depan adalah mengurangi dampak negatif bahan bakar minyak (BBM) terhadap defisit. Sudirman Said sebagai Menteri ESDM di Kabinet Kerja diharapkan bisa meninjau ulang kebijakan subsidi BBM, serta meningkatkan bauran energi.

“Misalnya kalau saat ini EBT (energi baru terbarukan) baru enam persen, bagaimana nanti di akhir pemerintahan menjadi 15 persen. Misalnya dengan menaikkan komposisi gas,” kata dia.

Konversi BBM ke bahan bakar gas (BBG) sudah dicanangkan berulang-ulang, dari 2006, 2011, dan akhir tahun lalu. Namun menurut Marwan, yang dibutuhkan ke depan bukan sekadar pencanangan-pencanangan saja.

“Kita harapkan ada blue print unutk program konversi lima tahun ke depan seperti apa. Misalnya, target pengguna BBG menjadi dua juta kendaraan,” imbuh Marwan.

Untuk itu, Sudirman Said harus berkoordinasi dengan kementerian terkait seperti Kementerian Perindustrian dan lainnya. Menurut Marwan, program konversi BBM ke BBG selama ini hanya sekadar wacana tanpa realisasi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.